Kamis, 26 Oktober 2017

Representasi Pengetahuan

Image result for logo gunadarma
Nama : Dimas Bayu Gumelar
NPM : 11115924

Kelas: 3KA10
Dosen : ESSY MALAYS SARI SAKTI
Representasi pengetahuan adalah hal penting dalam intelijensia buatan. Di sini kita akan
membahas dua mathematical tools untuk merepresentasikan pengetahuan, yaitu
propositional logic (logika proposisi) dan first order logic (kalkulus predikat).

Gambar 4.1 A generic knowledge-based agents

Gambar 4.2 Hubungan antara sentence dan fatcs yang disediakan oleh semantik bahasa.

Tabel 4.1 Pembagian formal language



4.1 Propositional Logic (Propositional Calculus) 

Gambar 4.3 A BNF (Backus-Naur Form) Grammar of sentences in
propositional logic.



Gambar 4.4  Aturan inferensi dalam Logika Proposisi. 


Studi Kasus: The Wumpus World Environment

1. Percept 
• Percept : [stench, breeze, glitter, bump, scream]
• [stench, breeze, None, None, None] = ada stench dan breeze, tetapi tidak ada 
glitter, bump, maupun scream.

2. Action 
• Move: Turn Left 900, Turn Right 900, Straight. 
• Grab: mengambil / merebut objek yang berada di kotak yang sama dimana agent 
berada.
• Shoot: memanah dengan arah lurus sesuai dengan arah agent menghadap. 
• Climb: memanjat keluar dari gua.
• Agent akan mati jika memasuki kotak yang terdapat Wumpus atau Pit. Tetapi 
akan aman jika memasuki kotak yang di dalamnya terdapat Wumpus yang telah 
mati. 

3. Goal
Menemukan emas dan membawanya kembali ke kotak start (1,1) secepat mungkin
dengan jumlah action yang seminimum mungkin, tanpa terbunuh. Sebagai hadiah, 1.000
point diberikan kepada agent jika berhasil keluar gua dengan membawa emas. Tetapi poit
–1 untuk setiap action yang dilakukan. Dan -10.000 jika agent terbunuh.

Daftar Pustaka
  • Suyanto, ST.2008.Intelijensia Buatan.Bandung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar